MojoArt 2023 Diisi dengan Penampilan Kreativitas Siswa Kota Mojokerto

Event MojoArt 2023 yang diusung Pemkot juga sebagai wadah menampung kreativitas siswa. Sebab, bakal ada penampilan kolaborasi dari peserta didik se-Kota Mojokerto yang akan mengisi acara pameran tersebut selama tiga hari berturut-turut.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Mojokerto, Amin Wachid mengatakan pagelaran MojoArt 2023 bakal diisi dengan pameran hasil karya dan gelar seni budaya. Penampilan itu akan diikuti oleh siswa SD sederajat. Kalau untuk pameran hasil karya diisi oleh siswa SD negeri maupun swasta se-Kota. Sedangkan gelar seni budaya diikuti oleh siswa TK, SD dan SLB se-Kota Mojokerto.

Penampilan pameran hasil karya dan gelar seni budaya itu sebagai wujud apresiasi dan menampung kreativitas siswa. Sebab, melalui kegiatan ini, hasil pembelajaran siswa bisa dinikmati oleh masyarakat. Ini juga sebagai motivasi kami kepada peserta didik se-Kota Mojokerto. Baik pameran hasil karya dan gelar seni budaya akan dilaksanakan mulai tanggal 1 sampai dengan 3 Maret 2023.

Di samping itu ada beragam pameran karya seni dan produk lokal akan ditampilkan sejak hari pertama pagelaran. Pameran seni dan produk lokal itu meliputi pameran lukisan dan karya instalasi, pameran Permata dan Akik, serta Festival Kopi dan UMKM se-Kota Mojokerto. Karya seni dan produk lokal ini akan dipamerkan selama tiga hari berturut-turut. Selain untuk meng-eksplore, pameran ini juga untuk mendongkrak ekonomi masyarakat melalui produk lokal. Adapun, untuk pameran Festival Kopi dan UMKM bekerja sama dengan Diskopukmperindag Kota Mojokerto.

Pagelaran ini juga akan mempertontokan beragam hiburan seni dan budaya. Seperti kesenian reog, campursari, tari tradisional, kesenian angklung, hingga kesenian bantengan. Melalui beragam penampilan rangkaian karya seni tersebut diharapkan mampu menjadi wadah motivasi pelaku seni. Sehingga mereka lebih semangat dalam menghidupkan bakat keseniannya kepada masyarakat umum. Ini bertujuan sebagai implementasi dari kemajuan kebudayaan di Mojokerto Raya. Dengan menampilkan rangkaian ekspresi seni dan budaya, kami harap bisa lebih memotivasi para pelaku seni agar ke depan lebih mengeksplorasi kemampuan dan bakat berkeseniannya.

Kegiatan ini juga akan diwarnai dengan beragam lomba seni. Di antaranya lomba mewarnai batik dan menggambar motif batik yang akan diperuntukkan bagi siswa TK-SMP. Untuk lomba mewarnai batik, akan diikuti oleh murid TK. Sedangkan untuk lomba menggambar motif batik, akan diikuti siswa SD-SMP sederajat.

Event ini juga bakal dimeriahkan dengan beragam diskusi terkait seni dan budaya. Di antaranya, sarasehan batik Mojokerto, sarasehan pengelolaan cagar budaya sekaligus Ngopi Bareng DKD yang bertemakan Maju Kotaku, Lestari Budayaku. Adapun, gelaran event ini akan digelar di Alun-Alun Kota Mojokerto

Related

Silahkan hubungi kami, pada tautan dibawah ini